PERKEMBANGAN LOGO IKEA
Logo adalah suatu identitas yang dipergunakan
untuk menggambarkan citra dan karakter suatu lembaga / perusahaan / organisasi. Logo didesign untuk menggambarkan
citra positif dari suatu perusahaan, serta memiliki peran penting dalam proses
pemasaran. Sebuah
logo dapat berkomunikasi dengan konsumen, sehingga perubahan logo
seringkali merupakan sebuah keputusan besar yang harus dipertimbangkan.
Pada
tugas mata kuliah Desain Permodelan Grafis kali ini saya memilih untuk membahas perkembangan logo IKEA karena saya menilai logo IKEA memiliki
logo yang simple namun tetap terlihat modern dan elegan yang menggambarkan citra dari perusahaan
IKEA tersebut.
Nama IKEA merupakan kombinasi inisial dari
penemu IKEA founder, Ingvar Kamprad, (IK) dengan huruf pertama dari nama-nama
pertanian dan desa tempat ia dibesarkan - Elmtaryd dan Agunnaryd (EA). Logo
IKEA hampir tidak berubah selama sejarah perusahaan dan versi tahun 1967 tetap
menjadi simbol yang konsisten dari bisnis IKEA. Logo IKEA
telah membuat pembaharuan pada logonya sebanyak 5 kali sejak tahun 1951.
Logo
IKEA pertama dan kedua kali menggunakan warna coklat yang berarti warna bumi
dikarenakan produk IKEA merupakan produk hasil olahan yang bersumber dari alam.
Warna coklat pada logo IKEA memiliki kesan hangat, nyaman, dan aman.
Logo IKEA kemudia di
perbaharui pada tahun 1967, dengan warna yan hanya hitam dipadu dengan warna
putih yang menghasilkan kesan keberanian, kebebasan dan elegan.
Pada tahun 1981, IKEA
merubah warna hitam putih pada logonya dengan warna merah menyala yang membangkitkan
emosi dan menciptakan perasaan kegembiraan dan kuat, namun
memiliki kesan hangat.
Pada
logo terbaru IKEA, warna kuning dan biru yang terpadu pada logo IKEA menunjukan
nasionalisme bendera Swedia. Warna biru memberi arti kepercayaan dan warna
kuning memberi arti keceriaan, optimisme dan imajinasi.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar